Home » , » Cara mudah mengatasi mata minus tanpa obat

Cara mudah mengatasi mata minus tanpa obat

Latihan untuk mata bisa mencegah terjadinya sakit mata minus, Berikut ini beberapa contoh latihan yang mudah dilakukan untuk membantu mencegah timbulnya mata minus. Namun jika sudah terlanjur ada, bisa membantu membuat minus tidak semakin parah. Setelah beberapa hari
latihan, mungkin mata anda akan terasa pegal tetapi lama-kelamaan akan hilang. Karena itu, lakukan dengan santai saja. Tak perlu dipaksakan dan jangan berlebihan.
  1. Mengubah fokus:  Pilih benda yang terletak kurang lebih 15 cm di depan Anda dan jadikan objek dekat, misalnya pensil. Gunakan sesuatu yang terletak kurang lebih 4,5 meter dan jadikan objek jauh misalnya pohon, papan iklan, bangunan atau kendaraan di depan anda. Lihatlah berganti-ganti dari fokus jarak dekat ke jauh. Ubah fokus pada setiap 2 detik dan lihatlah hingga detail terkecil dari tiap objek yang anda lihat.
  2. Memutar Mata: Latihan ini bertujuan untuk menstimulir aliran nutrisi disejkitar bola mata dan meningkatkan kontrol otot ekstraokuler. Caranya putar mata dalam satu lingkaran penuh. Pertama ke arah kiri, kemudian kearah kanan atau sebaliknya. Lakukan perlahan-lahan saja jangan terlalu keras supaya tidak menekan retina. Bila merasa pusing lakukan dengan mata tertutup.
  3. Kedipan Kuat: Tujuannya untuk menstimulir produksi cairan mata. Caranya, tutup kelopak mata dengan kuat dan tahan sampai hitungan ketiga lalu buka lebar-lebar dan lakukan beberapa kedipan normal. Selanjutnya tutup lagi dengan kuat dan buka lagi.
  4. Kedipan Lambat: Bernafaslah perlahan dan dalam, ketika menarik nafas lakukan beberapa kedipan normal tanpa melihat suatu objek secara khusus. Ketika menghembuskan nafas, tutup mata dengan santai dan perlahan sambil diniatkan untuk rileks.
  5. Menutup Mata: Membantu mata untuk rileks atau menghilangkan pegal setelah melakukan latihan-latihan diatas. Caranya, gosok-gosok kedua telapak tangan anda selama beberapa menit hingga terasa hangat. Pejamkan kedua mata dan tutup rapat dengan kedua telapak tangan. Pastikan kedua  mata terletak di tengah-tengah telapak tangan sehingga tidak tertekan dan jari-jari terletak dikening. Pertahankan posisi demikian selama beberapa menit sehingga mata terasa nyaman. Tarik nafas yang dalam secara teratur.


Cara Lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut:
  1. Lepaskan kacamata minus Anda ketika minusnya kurang dari 2
  2. Daun Sirih juga bisa digunakan untuk mengobati mata minus. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakukan terapi ini secara rutin.
  3. Jika Anda diharuskan bekerja terus menerus di depan komputer, cobalah untuk melihat objek lain selain monitor setiap 30 menit sekali.
  4. Jangan memasang dan memakai kacamata dalam waktu singkat.

Demikian informasi Cara mudah mengatasi mata minus tanpa obat, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda, terimakasih telah berkunjung di bacawanita.blogspot.com
Bingar Hernowo 06.14

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Artikel Terbaru

Baru!! Kami ada di Facebook

Dapatkan Update di Facebook