Home » » Efek samping kosmetik atau produk kecantikan khususnya cream pemutih

Efek samping kosmetik atau produk kecantikan khususnya cream pemutih

Siapa perempuan yang tak bangga memiliki kulit putih berseri tanpa noda spot coklat atau kehitaman di wajah? Tidak ada. Bahkan yang berkulit gelap dari ‘sononya’ ingin tampak lebih putih. How come?

Bahkan iklan produk pemutih wara-wiri di televisi, belum lagi di media cetak. Anda tahu, dari dua produk pelembab yang terjual, salah satunya adalah produk pemutih kulit.

Apapun rela dilakukan perempuan untuk tampil lebih cantik dengan kulit putih cling. Bahkan harga bukan masalah, sekalipun harus mengeringkan tabungan bertahun-tahun! Putih sudah menjadi obsesi, yang tak jarang membuat kita lupa diri, tak waspada terhadap produk krim pemutih yang beredar di pasaran.

Mendapatkan kulit putih, atau tepatnya lebih cerah, tidak bisa dengan cara instan. Jika Anda menemukan putih dengan cara instan, katakan dalam hitungan minggu, patut dicurigai ada sesuatu di balik itu.

Secara umum terdapat berbagai jenis krim pemutih di pasaran. Krim-krim ‘ampuh’ ini umumnya mengandung berbagai jenis zat aktif seperti hidrokuinon, monobenzil dan monometil hidrokuinon, raksa, asam askorbat dan peroksida.

Namanya juga bahan kimia, selalu ada efek sampingnya jika tak digunakan sesuai takaran yang disarankan. Krim yang mengandung bahan aktif hidrokuinon amat mengesankan sekali cara kerjanya dalammembasmi spot hitam atau warna yang tidak merata pada kulit, meski hasilnya berbeda pada setiap individu.

Berikut ini adalah beberapa efek samping dari kosmetik atau produk keantikan bila tidak cermat dalam memilih:

Sering Sakit-Sakitan Setelah Pakai Krim Pemutih
Efek pemakaian krim pemutih berbahaya tidak hanya terasa pada jangka panjang (sekitar 2-10 tahun), ada juga efek yang bisa langsung dirasakan pemakai. Mual, pandangan kabur, dan sering merasa pusing adalah efek dari bahan berbahaya krim yang masuk ke dalam tubuh.

Kulit Lebih Sensitif dan Merah
Untuk beberapa wanita dengan kulit sensitif, efek samping penggunaan krim pemutih berbahaya bisa langsung terasa. Hanya dalam hitungan hari, kulit akan mengalami masalah serius dan mayoritas lebih sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, wajah akan mudah merah, terasa panas bahkan mengelupas hingga nadi merah di sekitar pipi terlihat jelas
Kulit jadi kering, mengelupas, keriput, kayak nenek-nenek. Makin lama jadi mengelupas, merah-merah. Jadi perih banget, kena air perih. Kalau dipegang pakai jari juga perih banget rasanya

Diagnosis Kanker Payudara
Mayoritas krim pemutih abal-abal dan berbahaya memakai bahan merkuri. Padahal, merkuri adalah bahan yang tidak boleh masuk ke dalam tubuh manusia sekecil apapun. Penggunaan krim pemutih berbahaya justru meningkatkan risiko pemakainya dan orang di sekitar pemakai untuk terkontaminasi merkuri.

Melahirkan Bayi Prematur dan Cacat
Kontaminasi merkuri yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya membahayakan wanita yang memakai krim pemutih berbahaya. Wanita yang sedang hamil dan menyusui tetapi terkontaminasi merkuri dapat membahayakan janin dan bayinya.

Keguguran Walaupun Sudah Berhenti Pakai Krim
Untuk ibu muda atau Anda yang sedang merencanakan kehamilan, kisah ini bisa menjadi gambaran bahwa efek racun dari krim pemutih berbahaya tetap ada walau pemakaian dihentikan. Seperti yang sudah dijelaskan pada halaman sebelumnya, merkuri dapat menjadi racun, tidak hanya pada ibu tetapi juga pada bayi yang dikandung.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memilih kosmetik atau produk kecantikan
  1. Identifikasi baunya. Umumnya baunya agak keras, berbau logam, atau berbau wangi namun lebih menyengat.
  2. Tekstur cream tampak agak mengkilat . Cara mengujinya, oleskan pada cermin atau kaca. Bila tampak mengkilat kemungkinan produk tersebut mengandung mercury. Produk cream yang baik warnanya doff dan tidak mengkilat.
  3. Bila digunakan dapat membuat kulit wajah putih dalam waktu singkat. Seminggu hasilnya langsung kinclong. Namun demikian hasilnya juga bervariasi bergantung kondisi individu yang bersangkutan dan konsentrasi mercury dalam produk. Bila produk yang mengandung mercury ini penggunaanya dilanjutkan, hasilnya kulit wajah putih pucat seperti mayat.
  4. Bila produk selalu disertai cream anti iritasi, Anda wajib curiga bahwa produk tersebut mungkin mengandung mercury. Mengapa? Karena umumnya menimbulkan rasa gatal yang amat sangat di awal pemakaian. Tingkat reaksi awal juga dipengaruhi oleh faktor genetis.
  5. Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Kulit wajah Anda akan terasa perih panas bila terkena sinar matahari langsung, dan tampak berwarna kemerahan.
Terimakasih telah mengunjungi bacawanita.blogspot.com, semoga informasi Efek samping kosmetik atau produk kecantikan khususnya cream pemutih ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda. Share informasi ini agar teman atau kerabat kita mempunyai pengetahuan baru.
Bingar Hernowo 09.30

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Artikel Terbaru

Baru!! Kami ada di Facebook

Dapatkan Update di Facebook